Hasil Karya di Tanah Kaili

Sabtu, 29 Oktober 2011

Tentu gambar ini sedikit asing buat anda yang bukan Warga Sulawesi Tengah.Ini adalah hasil karya seni rupa rakyat Sulawesi Tengah. Dari 3 hasil karya seni rupa di bawah ini model yang paling unik adalah toru, karena modelnya seperti Piramid yang berada di Mesir.

Cara membuat ketiga benda yang ada di bawah ini adalah dengan menyulam. ini perlu ketelitian,keseriusan,keterampilannya yang tinggi dan kerapian yang baik agar mendapatkan hasil yang memuaskan.
Bahan-bahan yang di pakai untuk pembuatan karya seni ini yaitu Rotan dan Daun Sagu. Simpel bukan ?


Kegunaanya :

Toru, di gunakan sebagai pelindung kepala, jaman dulu manusia belum menggunakan topi seperti yang kita gunakan sekarang.para leluhur di tanah kaili menciptakan toru untuk melindungi kepalanya dari panas sinar matahari dan menjadikan toru sebagai kebutuhan sehari-hari. Toru bisa melindungi kepala dan bahu kita, hawa dingin yang diciptakannya di kepala membuat orang di Sulawesi Tengah banyak menggunakan toru.
Tapis Beras, di gunakan untuk membersihkan beras yang hendak di masak, modelnya sih ga jauh beda dengan tapis beras yang kita gunakan sekarang, Tapi jangan salah sangka,tapis beras yang satu ini memiliki nilai seni yang tinggi. di pasaran ajah total penjualannya lebih banyak dari pada tapis modern yang terbuat dari plastik.
Tonda, tonda ini ga jau beda kegunaanya dengan tas ransel yang biasa kita pakai bepergian, tonda ini di buat untuk meringankan anggota tubuh saat membawa sesuatu/barang. Tonda memiliki ciri khusus yaitu berbentuk Persegi.

Toru (Topi tokaili)    

 
Tapis Beras Tokaili

Tonda (Tempat penyimpanan barang Tokaili)


Kami dari Tanah tokaili sengat mengharapkan hasil karya seni rupa yang ada di daerah kami bisa di kenalkan pada warga masyarakat di daerah lain yang ada di Indonesia dan juga di luar negeri.

Thank you for visiting, you are the best of everything!


                                                                                                                  

0 komentar:

Poskan Komentar

When I See You Smile